Gubernur Jawa Tengah Mendapatkan Uang Rp 75.000 dengan Nomor Seri yang Unik.

Bagikan

SEMARANG ( 18/8/2020) :   Kemarin ( 17/8/2020) Bank Indonesia secara resmi merilis Uang Khusus Edisi 75 Tahun Peringatan Kemerdekaan  Republik Indonesia. Uang pecahan Rp75.000 itu diluncurkan secara virtual oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Di Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi orang Jawa Tengah pertama yang memiliki uang itu. Gubernur memperoleh cinderamata uang tersebut dari Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah usai mengikuti peluncuran secara virtual di kantornya.

Uang Rp75.000 yang didapatkan Ganjar memiliki nomor seri unik, yakni 457575. Nomor yang pas dengan momentum Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

“Ya, ini ada uang peringatan 75 tahun Indonesia Merdeka. Dibuat uang khusus Rp75.000. Saya dikasih uang ini sebagai cinderamata,” kata Ganjar ditemui usai peluncuran sebagaimana dikutip dari laman humas.jatengprov.go.id.

Gubernur Jateng-Ganjar Pranowo-Nusantara Info
Foto : humas.jatengprov.go.id

Gubernur Jateng menyatakan dengan uang ini diharapkan bisa melihat sejarah Indonesia. “Selain itu, melalui uang ini kita bisa melihat keanekaragaman suku ada di Indonesia. Kebhinekaan ada di sini, dengan background pembangunan Indonesia di usianya yang sudah menginjak 75 tahun. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahami, merayakan sekaligus bangga kepada Indonesia,” katanya.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan uang khusus tersebut bukanlah uang baru dan dicetak terbatas.

“Mata uang kertas pecahan Rp75.000 ini dicetak terbatas hanya 75 juta lembar. Meskipun merupakan alat tukar yang sah, namun diharapkan uang ini tidak dibelanjakan,” katanya menjelaskan.

Masyarakat dapat memiliki uang khusus Kemerdekaan Indonesia itu dengan cara melakukan penukaran di seluruh kantor wilayah BI dan juga bank umum yang ditunjuk. Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Harga uang khusus itu juga sama dengan nominal yang tertera, yakni Rp 75.000. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait