Shadow

Mulai 1 April, 4 Bandara Ini Terapkan Layanan GeNose C19

Bagikan

Mulai 1 April, 4 Bandara Ini Terapkan Layanan GeNose C19
Foto: Istimewa

Jakarta (17/3/2021): Mulai 1 April 2021, GeNose C19 mulai diterapkan di bandara. Namun pada tahap awal ini baru empat bandara yang menerapkan GeNose C19.

Empat bandara tersebut yaitu Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), dan Bandara Juanda di Surabaya. Sementara Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara utama di Indonesia belum menerapkan layanan GeNose C19.

“1 April 2021, kita akan mulai menerapkan layanan GeNose C19 di sektor udara secara bertahap. Untuk tahap awal ini, akan dilakukan di empat bandara. Tapi bukan di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Menteri Peerhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Mulai 1 April, 4 Bandara Ini Terapkan Layanan GeNose C19
Menhub Budi Karya Sumadi saat rapat kerja bersama Komisi V DPR RI

Menhub menambahkan, bahwa layanan GeNose C19 di empat bandara tersebut ibarat proyek uji coba. Apabila sukses seperti sekarang yang sudah diterapkan di sektor transportasi perkeretaapian, maka layanan GeNose C19 ini akan diterapkan di seluruh bandara di Indonesia mulai 1 Mei 2021.

“Penggunaan layanan GeNose C19 baru secara perlahan kami lakukan, 1 Mei diharapkan sudah dapat diberlakukan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Mulai 1 April, 4 Bandara Ini Terapkan Layanan GeNose C19
Layanan GeNose C19 di salah satu stasiun kereta api, Foto: Istimewa

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, bahwa alasan Pemerintah memperbolehkan penggunaan GeNose C19 di bandara karena harganya lebih murah dan terjangkau di kantong masyarakat. Tidak seperti layanan pemeriksaan Covid-19 lainnya seperti PCR dan rapid test antigen.

“Mengingat harga PCR dan test antigen lebih mahal, maka Pemerintah bersama beberapa operator mendorong temuan anak bangsa, yaitu GeNose C19. Ini lebih relatif murah dan terjangkau,” ungkapnya. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *