Shadow

Dorong Kretifitas Generasi Muda, Karang Taruna di Kabupaten Karawang Tabur 1.200 Benih Ikan Lele

Bagikan

Dorong Kretifitas Generasi Muda, Karang Taruna di Kabupaten Karawang Tabur 1.200 Benih Ikan Lele
Foto: Rohendi

Karawang (5/9/2021): Karang Taruna harus menjadi pelopor inovasi, mendorong kreatifitas generasi muda untuk memanfaatkan potensi dan menangkap peluang yang ada demi kemajuan bersama.

Peran pemuda karang taruna tidak saja aktif sebagai motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan, tapi sekaligus juga agen perubahan di berbagai sektor kehidupan di lingkungannya, termasuk ekonomi kerakyatan di masa sulit ini. Hal itulah yang kini tengah dilakukan oleh Karang Taruna di Kelurahan Plawad, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Perwujudan tersebut bisa direalisasikan dengan sebuah program kelompok bagi warga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kehadiran KUBE (Kelompok Usaha Bersama), dengan berdasarkan Permensos No 25 Tahun 2015 Tentang Kelompok Usaha Bersama.

“Saat ini yang ada dalam naungan Karang Taruna ada beberapa kelompok, yakni POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata), Kelompok Budidaya Ikan, Kelompok Pelaku Usaha Mikro, dan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Ke depan, kita akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk mendorong KUBE Ini,” kata Tomi Kurniawan, Ketua Karang Taruna Bhakti Remaja, Minggu (5/9/2021).

Dorong Kretifitas Generasi Muda, Karang Taruna di Kabupaten Karawang Tabur 1.200 Benih Ikan Lele
Foto: Rohendi

Meskipun belum ada bantuan dari dinas, kelompok tersebut berdikari dengan melakukan penaburan 1.200 lele untuk warga lingkungan Krajan RT.09/02 Kelurahan Plawad. Bibit ikan tersebut berasal dari kas bendahara Karang Taruna.

“Kita taburkan 1.200 benih ikan lele di kolam ini bagi warga adalah bagian untuk menstabilkan kas KTBR yang selanjutnya akan dibentuk badan usaha sehingga hasilnya dapat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tomi menjelaskan, untuk menjalankan visi misinya di Karang Taruna, ia akan terus menggenjot UMKM, termasuk pembudidayaan ikan untuk perekonomian masyarakat.

“Semua akan bertumpu kepada sektor ekonomi, sebagaimana visi & misi KTBR saat ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi warga masyarakat Kelurahan Plawad semoga berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  AirNav Indonesia Tingkatkan Layanan Navigasi Penerbangan di Bandara Nusawiru

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *