Shadow

Berlibur ke Pulau Kei, Surga Tersembunyi Indonesia

Bagikan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata bahari yang tidak hanya indah, tetapi juga eksotis dan mampu menghipnotis banyak mata wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tak sedikit destinasi wisata bahari Nusantara yang telah diakui dunia karena keindahan alamnya membuat siapa saja ingin datang lagi ke Indonesia. Sebut saja Pulau Dewata Bali, Labuan Bajo dan Raja Ampat, siapa yang tidak mengenal destinasi wisata Indonesia ini? Yup, destinasi wisata tersebut kini memang telah menjadi destinasi wisata Indonesia bertaraf internasional.

Tetapi Indonesia tidak hanya memiliki Pulau Dewata Bali, Labuan Bajo dan Raja Ampat saja. Banyak destinasi wisata bahari yang dimiliki Indonesia dan keindahan alamnya tidak kalah dengan tiga tempat tersebut, salah satunya adalah Pulau Kei yang berada di Maluku Tenggara. Tak heran, jika pulau ini disebut sebagai surga tersembunyi Indonesia.

Pada kesempatan ini, tim nusantarainfo.com akan mengulas tentang destinasi wisata di Pulau Kei, Kabupaten Maluku Tenggara yang dapat dijadikan sebagai referensi dan pilihan untuk anda berlibur, berikut ulasannya :

  • Goa Hawang

Destinasi wisata pertama yang harus anda kunjungi di Pulau Kei adalah Goa Hawang. Goa yang terletak di Desa Letvuan, Kabupaten Maluku Tenggara, ini memiliki air yang jernih sehingga tampak kebiruan. Goa Hawang merupakan kolam air tawar yang dikelilingi hutan dan goa ini akan terlihat sangat cantik Ketika terkena pantulan cahaya matahari. Selain itu, anda juga dapat melihat ke dasar kolam ini dengan jelas.

Goa Hawang
Foto : Dok. Pribadi
  • Pantai Ngurtafur

Di pantai ini anda akan dimanjakan dengan berbagai keindahannya, mulai dari hamparan pasir putih, laut biru yang jernih dengan terumbu karangnya yang eksotis dan ikan-ikan yang cantik. Di plantai ini juga anda bisa menikmati sunrise dan sunset.

Jika anda beruntung, anda juga dapat menemukan Burung Pelikan di Pantai Ngurtafur. Karena pantai ini juga merupakan habitat Burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Maluku ke Australia dan Papua Nugini. Tidak hanya itu saja, di pantai ini, anda juga bisa melakukan snorkeling dan berenang. Keindahan alam Pantai Ngurtafur, dijamin akan membuat anda ketagihan ingin datang lagi.

Keindahan Pantai Ngurtafur
Foto : Istimewa

Selain itu, ketika air laut sedang surut, anda juga bisa berjalan di pasir timbuh sampai ke tengah laut dan pantai ini juga menjorok ke lautan lepas sepanjang 2 km dengan lebar 7 meter.

  • Pantai Ngurbloat

Pantai Ngubloat atau yang dikenal dengan nama Pantai Pasir Panjang adalah salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat ke Pulau Kei. Pantai yang terletak di Desa Ngilngofatau ini memiliki pasir putih yang bersih, lembut dan terhalus kedua di dunia.

Keindahan Pantai Ngurbloat yang Menawan
Foto : Istimewa

Di pantai ini anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan Pantai Ngurbloat, berenang, berjemur matahari atau bermain pasir. Datang ke pantai ini akan lebih seru jika anda membawa keluarga beriwisata ke Pantai Ngurbloat.

  • Pulau Bair
Baca Juga :  Nikmati Keindahan Danau Toba, Menparekraf Jajal Jalur Sepeda Tour de Samosir

Pulau yang berada di Kei Kecil ini digadang-gadang sebagai Raja Ampat-nya Maluku Tenggara. Yup, Pulau Baik memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya dari Raja Ampat di Papua Barat.

Di Pulau Bair, anda akan menemukan laguna yang jernis beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang cantik dan sehat. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu spot favorit untuk snorkeling.

Pulau Bair nan Eksotis
Foto : Istimewa

Selain itu, anda juga dapat mencoba menjelajahi keindahan alam Pulau Bair dengan menelisik masuk ke celah tebing karang yang sangat eksotis. Tidak hanya itu saja, di sepanjang perjalanan menuju Pulau Bair, anda juga akan disuguhkan pemandangan menawan dari pulau-pulau cantik lainnya, seperti Pulau Adranan.

  • Desa Adat Tanimbar Kei

Desa Adat Tanimbar Kei adalah salah satu desa adat yang masih memegang teguh bentuk bangunan, seni, adat istiadat dan kepercayaan leluhurnya. Desa ini terbagi menjadi dua, yaitu Kampung Atas dan Kampung Bawah.

Menariknya, kedua desa ini hanya dipisahkan oleh tangga yang bersandar di tebing setinggi 15 meter. Sehingga penggambaran nama Kampung Atas dan Kampung Bawah memang benar adanya, bukan sekedar nama saja.

Desa Adat Tanimbar Kei
Foto : Istimewa

Selain itu, di desa adat ini juga menyimpan berbagai benda adat seperti patung adat, perhiasan emas, bejana dan tembikar. Berdasarkan legenda, konon katanya, bahwa leluhur Kei berasal dari Bali. Oleh karena itu, tidak heran jika nuansa Bali dapat dirasakan di desa ini. Salah satunya adalah kebaradaan Pura dan agama Hindu yang dianut oleh masyarakatnya.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Pulau Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, yang bisa anda kunjungi. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak sekali destinasi wisata di Pulau Kei yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah jejak-jejak masa prasejarah Megalitikum di Goa Luvat yang terletak di Desa Ohoidertawun.

Untuk akses menuju Pulau Kei, kini sudah semakin mudah dengan hadirnya transportasi udara di daerah itu. Dari Jakarta, anda terbang menuju Ambon dan lanjut penerbangan menuju Pulau Kei, nanti anda akan mendarat di Bandara Karel Sadsuitubun di Kabupaten Maluku Tenggara. Penerbangan di bandara ini sudah dilayani oleh maskapai Wings Air yang terbang setiap hari rute Ambon – Langgur dan Timika – Langgur, sehingga memudahkan akses wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Kei.

Terminal Bandara Karel Sadsuitubun
Foto : Dok. Pribadi

Bagikan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *