Shadow

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo

Bagikan

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo
Foto: Kemenparekraf.go.id

Gorontalo (9/11/2021): Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Dalam peresmian yang dilaksanakan pada Minggu (7/11/2021) ini, Sandiaga mengatakan pembentukan Rumah Kreatif Gorontalo diinisiasi oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Kabupaten Bone Bolango dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

“Jadi bukan pemerintah yang membangun, tapi justru komunitas,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, pemerintah berperan memberikan kebijakan dengan mendukung UMKM dan kearifan produk-produk lokal. Sehingga, pola ini akan dikembangkan di destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Tujuannya Agar pariwisata yang berbasis masyarakat, berkualitas, dan berkelanjutan. Sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo

Sektor pariwisata, lanjut Sandiaga, terbukti enam kali lipat lebih cepat dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, ia berharap dengan diresmikannya Rumah Kreatif Gorontalo ini bisa menjadi sinyal kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Gorontalo, khususnya di Kabupaten Bone Bolango.

“Kita harapkan nanti kolaborasi antara Pak Bupati (Bone Bolango) dan pentahelix semua bisa menjadi awal dari kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap Sandiaga.

Dalam peresmian ini, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Irjen Pol. Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan.

Selain itu, turut hadir pula Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, Ketua Gemawira Bone Bolango Yunilia Asra Uno, Kadispar Provinsi Gorontalo Rifli Katili, Kadisparekraf Bone Belango Lukman A. Daud, dan Pendiri Rumah Kreatif Gorontalo Syaiful Suga. (*)

Baca Juga :  Kemenparekraf Ajak Pelaku Usaha Kuliner Mengikuti Ajang FSI 2020

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *