Masih Terisolir, Ternyata Kabupaten Nduga Punya Banyak Tempat Wisata

Bagikan

Masih Terisolir, Ternyata Kabupaten Nduga Punya Banyak Tempat Wisata
Taman Nasional Lorentz, Foto: Istimewa

Jayapura (30/4/2021): Kabupaten Nduga masih kental dengan budaya nenek moyang dan adat istiadatnya yang hingga kini masih terjaga. Daerah ini tertinggal dan tersiolir, bahkan belum tersentuh pembangunan dan teknologi. Namun siapa yang sangka daerah ini memiliki pesona wisata alam yang menakjubkan.

Tidak heran, jika banyak wisatawan yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi dapat berlibur ke Tanah Nduga.

Kabupaten Nduga menyimpan kekayaan alam yang masih asri dan memiliki banyak tempat wisata yang diburu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, bahkan salah satu tempat wisata itu masuk ke dalam situs warisan dunia. Berikut tempat wisata Nduga yang wajib dikunjungi.

Puncak Trikora

Tempat wisata yang berada di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga ini merupakan kawasan pegunungan di Papua. Puncak Trikora adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian mencapai 4.751 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, Puncak Trikora didapuk sebagai puncak tertinggi ketiga di Indonesia. Sedangkan puncak tertinggi pertama diduduki oleh Puncak Jaya dan kedua oleh Puncak Mandala.

Di Puncak Trikora ini terdapat kawasan hutan, yaitu Hutan Montae dan Hutan Ericaceous. Yang unik dari Puncak Trikora yaitu adanya daratan es.

Masih Terisolir, Ternyata Kabupaten Nduga Punya Banyak Tempat Wisata
Ilustrasi pendakian Puncak Trikora, Foto: Istimewa

Batas Batu

Bumi Cenderawasih Papua memang tidak henti-hentinya menyuguhkan panorama keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan ada yang sangat unik, yaitu Batas Batu.

Batas Batu merupakan gunung bebatuan yang tersusun seperti benteng. Tempat wisata ini merupakan perbatasan antara Kabupaten Nduga dengan Kabupaten Jayawijaya. Batu-batu yang ada di tempat ini sangat unik, di tempat ini terdapat sebuah batu besar berwarna putih yang seakan sedang diselimuti salju.

Udara di Batas Batu ini sangat dingin, suhunya bisa tembus 4 – 5 derajat celcius.

Baca Juga :  Membangun Kesejahteraan Papua Dengan Kerangka Adat

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah cagar alam yang terletak di beberapa kabupaten, yakni Jayawijaya, Paniai, Merauke dan Fak Fak. Taman nasional ini memiliki luas 2,4 juta hektar dan pada tahun 1999 diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Taman Nasional Lorentz menyuguhkan panorama alam yang indah. Di tempat wisata ini terdapat 630 jenis burung dan 123 mamalia, bahkan taman nasional ini diklaim sebagai tempat wisata dengan ekosistem terlengkap di dunia.

Pesona dan keindahan Taman Nasional Lorentz menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Nduga yang banyak dikunjungi wisatawan.

Masih Terisolir, Ternyata Kabupaten Nduga Punya Banyak Tempat Wisata
Batas Batu, Foto: Istimewa

Danau Habema

Danau Habema adalah salah satu desatinasi wisata yang bisa dikunjungi saat bertandang ke Kabupaten Nduga, tepatnya di Desa Kenyam. Danau ini sebenarnya masuk ke dalam wilayah Wamana, namun lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Nduga.

Danau Habema merupakan danau di atas awan. Lokasinya berada di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua, dan danau ini merupakan danau tertinggi di Indonesia. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *