Shadow

8 Makanan Sehat Untuk Mencegah Covid-19

Bagikan

Merebaknya penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia, membuat masyarakat mencari tahu bagaimana cara mencegah penularan virus tersebut.

Selain rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun cair dan menghindari kerumunan serta menerapkan anjuran Pemerintah untuk tidak keluar rumah juga melakukan physical distancing, pencegahan Covid-19 juga dapat dilakukan dengan mengatur pola makan yang sehat dan rajin mengkonsumsi buah untuk meningkatkan imunitas tubuh agar dapat terhindar Covid-19. Namun tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi.

Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penularan Covid-19?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis makanan dan buah yang dapat dikonsumsi untuk terhindar dari penularan Covid-19.

  1. Bawang Putih

Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini ternyata dipercaya dapat mencegah penularan Covid-19. Bawang putih memiliki khasiat dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam kandungan bawang putih terdapat antibakteri dan antivirus yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti kalsium, potassium, seng dan fosfor. Senyawa tersebut dapat memperkuat sistem pernapasan serta dapat jumlah sel darah putih.

  • Sayur Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang dapat mencegah penularan virus yang menjadi pandemi global. Dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam dapat menekan penularan Covid-19 karena di dalam kandungan bayam terdapat Vitamin A, C, B Kompleks, E dan K. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh, seperti zat besi, magnesium, asam folat, kalsium, sodium dan potassium.

Tidak hanya itu saja. Bayam juga memiliki kandungan antioksidan hingga beta karoten yang dipercaya mampu melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan membasmi virus jahat yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, bayam dipercaya sebagai salah satu makanan yang mampu menangkal Covid-19.

  • Jahe

Jahe adalah salah jenis rempah-rempah yang mampu menangkal penularan Covid-19. Saat ini, jahe merupakan rempah-rempah yang paling banyak diburu oleh masyarakat agar dapat terhindar dari virus tersebut. Bukan rahasia lagi, jahe memang sudah sejak lama memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh seperti mengurangi peradangan dalam tubuh, mengobati sakit kronis hingga menurunkan kolesterol.

Di dalam jahe terdapat kandungan curcumin yang dipercaya mampu menangkal Covid-19. Selain jahe, curcumin juga dapat ditemukan pada kunyit dan temulawak. Selain itu, jahe juga mengandung berbagai senyawa baik, salah satunya adalah senyawa beta karoten dan capsaicin yang dapat dengan cepat meningkatkan imunitas tubuh.

  • Sayur Brokoli
Baca Juga :  Ir Kadi Liutama Tutup Usia, Kesan Jeka terhadap Insinyur dan Entrepreneur Sejati Itu

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran selain bayam yang dipercaya dapat mencegah penularan Covid-19. Sama halnya dengan bayam, brokoli juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E serta terdapat kandungan antioksidan dan mineral yang dipercaya mampu melawan berbagai virus sumber penyakit.

Antioksidan yang terdapat di dalam kandungan brokoli dipercaya mampu menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam sel tubuh. Dengan mengkonsumsi brokoli, akan membuat tubuh menjadi kuat sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

  • Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang dipercaya mampu menangkal virus corona. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung banyak vitamin C, dengan mengkonsumsi jambu biji dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat meminimalisir tubuh dapat terkena berbagai virus penyakit seperti Covid-19.

  • Mangga

Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin A. Mengkonsumsi buah mangga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan buah ini juga dipercaya mampu melawan infeksi dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah ini direkomendasikan menjadi salah satu buah yang mencegah virus corona.

Tidah hanya itu saja kelebihan mangga. Buah ini juga kaya akan mineral, vitamin K, E dan B serta asam folat. Dengan demikian, mangga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk Kesehatan tubuh, mengkonsumsi mangga membuat tubuh menjadi kuat sehingga tidak mudah terserang infeksi dan Covid-19.

  • Semangka

Semangka memiliki banyak kandungan antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan ini dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak terserang infeksi penyebab penyakit.

Selain itu, daging buah semangka yang berwarna merah mengandung likopen yang dipercaya mampu untuk mengatasi peradangan pada sistem pernapasan dan mencegah infeksi.

  • Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis juga termasuk ke dalam jenis buah yang dipercaya dapat menangkal virus corona. Hal ini disebabkan karena buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah sitrus ini juga kaya akan senyawa antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah ini tidak akan mudah terkena flu.

Selain itu, berbagai jenis buah sitrus ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit. Dengan mengkonsumsi buah sitrus secara rutin, dapat menangkal virus corona.

Nah, itulah berbagai jenis sayuran dan buah yang dapat dikonsumsi agar terhindar dari Covid-19. Selain mengkonsumsi makanan sehat dan buah secara rutin, juga jangan lupa berolahraga agar tubuh tetap bugar juga tetap menjaga jarak dan di rumah saja.


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *