Shadow

Banyak Dicari Untuk Mencegah Corona, Ini Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Bagikan

Temulawak bagi orang Indonesia bukanlah sesuatu yang baru dan mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan mungkin Anda adalah salah satu peminum jamu temulawak yang memiliki banyak khasiat. Manfaat temulawak sendiri sudah terbukti dalam pengobatan tradisional China. Bahkan banyak yang menggunakan temulawak, baik temulawak asli atau temulawak yang sudah dalam bentuk krim sebagai obat anti peradangan dan untuk penyembuh luka.

Sejak merebaknya penyebaran virus corona di Indonesia dan pasien yang terjangkit Covid-19 setiap harinya terus meningkat, temulawak adalah salah satu tanaman herbal selain jahe yang paling banyak dicari oleh masyarakat untuk mencegah penularan virus tersebut.

Temulawak merupakan jenis tanaman dari suku temu-temuan yang sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Temulawak dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia dan rimpangnya pun dapat membesar saat ditanam di tanah yang subur gembur. Sebagai tanaman herbal, temulawak mengandung kurkumin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Selain itu, tanaman rimpang ini juga memiliki kandungan lain yang sama baiknya untuk kesehatan. Di antaranya adalah terdapatnya zat tepung dan minyak atsiri yang dipercaya mampu meningkatkan kerja ginjal serta bersifat antiinflamasi.

Minyak atsiri yang terdapat pada temulawak terdiri atas zat-zat seperti d-kamfer, siklo isoren, mirsen, tumerol, xanthorrhizol, zingiberene dan zingiberol.  Tidak hanya itu saja. Temulawak juga mengandung serat kasar, abu, protein dan mineral meski dalam jumlah yang sedikit.

Kandungan lain yang terdapat di dalam temulawak dan tidak bisa diremehkan adalah adanya antioksidan, seperti flavonoid, fenol dan kurkumin. Kandungan antioksidan inilah yang dapat mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain bersifat antioksidan, penelitian juga menyebutkan bahawa temulawak memiliki kemampuan untuk melindungi organ hati (hepatoproteksi), antiinflamasi, antikanker, antidiabetes, antimikroba, antihiperlipidemia, antikolera hingga antibakteri.

Lalu, seperti apa manfaat temulawak untuk kesehatan yang kita bisa nikmati? Berikut ulasannya.

Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Dalam sebuah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa temulawak berpotensi menjadi obat antikolesterol.

Baca Juga :  Prima Oleh-Oleh, Oleh Prima

Dengan rutin mengkonsumsi temulawak selama empat minggu berturut-turut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total di dalam darah.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Jamu temulawak banyak dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas.

Manfaat temulawak ini didapatkan dari sifat antioksidan yang terdapat di dalam kandungannya untuk menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung.

Meringankan Gejala Osteoarthritis

Khasiat temulawak ini memiliki kaitan dengan kandungan kurkumin yang memberikan efek antiinflamasi pada tubuh. Dengan demikian, mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin dipercaya dapat meringankan gejala osteoarthritis, seperti bengkak dan nyeri sendi.

Mencegah Obesitas dan Diabetes

Temulawak memiliki sifat antiperadangan pada kurkumin yang dapat mencegah terkena diabetes dan obesitas.

Kurkumin mampu menstabilkan kadar gula dalam darah yang dapat memicu diabetes serta dapat mengatur kadar lemak dalam tubuh yang dapat memicu obesitas.

Membantu Mempercepat Penyembuhan Infeksi Jamur

Sifat antijamur yang dimiliki temulawak dapat digunakan berdampingan dengan obat dokter saat Anda menderita infeksi akibat fungi ini. Hal ini disebabkan karena kandungan kurkumin pada temulawak bisa memecah membran sel jamur penyeban infeksi.

Menyehatkan Hati

Berdasarkan sebuah penelitian di laboratorium, bahwa temulawak memiliki khasiat sebagai penjaga hati agar tidak cepat rusak karena pengaruh radikal bebas yang menyebabkan terjadinya stress oksidatif. Manfaat ini didapatkan dari antioksidan berupa kurkumin yang terdapat di dalam kandungan temulawak.

Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian juga mengungkapkan, bahwa temulawak berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Namun demikian, manfaat dari temulawak yang satu ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Untuk dapat merasakan manfaat temulawak, Anda bisa merebus temulawak dan meminum air rebusan tersebut. Apabila ingin daya simpan yang lebih lama, Anda dapat mengeringkan temulawak di bawah sinar matahari atau menggunakan oven, lalu digiling dan disimpan dalam bentuk bubuk.


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *