Dorong Optimalisasi Kinerja BLU, BSDMP Gelar Rapat Koordinasi

Bagikan

 Dorong Optimalisasi Kinerja BLU, BSDMP Gelar Rapat Koordinasi

Bogor (30/5/2023): Dalam rangka menyelaraskan kembali visi dan tujuan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam mengelola Badan Layanan Umum (BLU), BPSDMP menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan mengusung tema “Pemanfaatan Saldo Awal dan Evaluasi Pemanfaatan Aset BLU Semester I Tahun 2023″ dipimpin langsung oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, bertempat di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Perhubungan (PPSDMAP) Bogor, Senin (29/5/2023).

Dalam pengarahannya, Kepala BPSDMP menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan telah menyampaikan bahwa Badan Layanan Umum di lingkungan Kemenhub didorong untuk memberikan layanan publik yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih berkualitas.

“Bapak Menteri menekankan bahwa fleksibilitas yang diberikan kepaka BLU merupakan alat untuk mencapai tujuan meningkatkan layanan kepada masyarakat”, ungkapnya.

Pihaknya mendorong seluruh unit kerja di lingkungan BPSDMP yang telah berstatus sebagai BLU untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan dan pelatihan.

“BLU diberikan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan, oleh karena itu para pimpinan BLU harus mengerti dan memahami bagaimana mengelola bisnis, menghitung unit cost dan tarif yang benar,” tambahnya.

Tak hanya itu, pimpinan BLU juga harus mampu menggerakkan SDM yang dimiliki secara efisien serta menumbuhkan semangat melayani yang prima, sehingga layanan yang baik dapat diberikan dengan biaya yang hemat, sehingga bisnis dapat tetap berjalan dan berkembang.

“Unit Kerja BLU di bidang pendidikan diharapkan mampu berkontribusi mencetak SDM yang unggul dan kompeten dalam menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan teknologi”, ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini BPSDMP diberi kesempatan oleh Bapak Menteri Perhubungan untuk mengelola beberapa aset yang dimiliki oleh kementerian Perhubungan, yakni Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang saat ini dikelola oleh PTDI-STTD dan Pelabuhan Sanur yang dikelola secara bersama oleh beberapa UPT BLU di lingkungan BPSDMP.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi dan Kerja Sama, BP3 Curug Gelar Customer Gathering Bersama Stakeholders

“Besar harapan saya BPSDMP melalui unit kerjanya mampu menunjukkan bahwa kita mampu mengelola aset-aset tersebut dan menghasilkan keuntungan sehingga dapat ikut serta dalam pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Dalam Rapat Koordinasi kali ini membahas terkait Progres Penggunaan Saldo Awal BLU Tahun Anggaran 2023, Optimalisasi Pemanfaatan Aset BMN, Kinerja Museum Transportasi TMII pada PTDI-STTD, Pembentukan Forum Komunikasi Taruna Kemenhub dan Pengadaan PPPK Tenaga Teknis di lingkungan BPSDMP.

Pada Rapat Koordinasi kali ini turut hadir sebagai narasumber, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Jujun Endah Wahjudiningrum yang menyampaikan materi terkait Penggunaan Saldo Awal BLU.

Dalam paparannya, Jujun menyampaikan pesan dan saran terkait bagaimana mengoptimalkan belanja yang dapat meningkatakan kualitas dan pendapatan, menyusun dan melaksanakan rencana tindak pengendalian dalam rangka mitigasi risiko yang telah diidentifikasi, mematuhi tata cara penggunaan saldo kas BLU sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, serta bagaimana menerapkan manajemen risiko yang baik.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan alam terbuka untuk meningkatkan jiwa korsa, mempererat kerja tim, dan menjaga kebugaran para pegawai di lingkungan BPSDMP. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait