Shadow

Herry Sia Gunakan Biji Kopi Terbaik Untuk Golomory Coffee

Bagikan

Sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, memiliki banyak petani dan pengusaha terbaik dalam menghasilkan sebuah produk kopi dengan kemasan menarik sehingga banyak diminati oleh pecinta kopi, salah satu pengusaha kopi itu adalah Herry Sia, seorang fotografer yang kini beralih menjadi pengusaha kopi.

Herry menggeluti usaha kopi sejak tahun 2015. Dalam menjalankan usaha kopinya sabagai salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Manggarai, Herry bermitra dengan petani kopi untuk mendapatkan biji kopi terbaik. Berangkat dengan label Golomory Coffee, kini produk kopi Herry banyak dikenal oleh masyarakat luas, apa lagi Golomory Coffee pun tersedia di tempat strategis yang banyak orang lihat, seperti di café-café,toko oleh oleh khas Flores (souvenir shop) supermarket, dan hotel, serta Cafe dan souvenir shop yang berada di dalam bandara Komodo Labuan bajo.

“Biji kopi yang saya gunakan untuk Golomory Coffee adalah biji kopi terbaik yang saya ambil dari petani. Dengan mengajak petani bermitra, tentu kita juga turut membantu perekonomian para petani kopi di Manggarai,” katanya.

Herry Sia Sedang Meracik Kopi

Hery menambahkan, bahwa saat ini merk Golomory Coffee sedang dalam tahap hak paten. Dengan berkembangnya industri kopi di Manggarai, dia juga berharap kopi dapat menjadi icon daerah tersebut. Apa lagi Pemda setempat juga mendorong  untuk membuat industri kopi di Flores, meskipun saat ini sedang dalam masa pandemi virus Corona dan membuat berbagai sektor perekomian menurun drastis.

Namun demikian tidak mematahkan semangat Herry untuk terus melanjutkan pekerjaannya, walaupun hasil penjualan menurun, ia tetap menjalankan kegiatannya dengan melanjutkan pekerjaannya dalam mempersiapkan industri kopi yang akan dirintisnya. “Kondisinya saat ini sedang dalam pandemi dan berdampak juga ke semua sektor, termasuk usaha kopi. Pembeli juga sepi, jadi saya lebih fokus menyelesaikan design mesin yang akan digunakan untuk industri kopi yang akan saya buat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dirjen Keuda Kemendagri Sebut Realisasi Anggaran Seperti Penyakit Komplikasi
Herry Sia

Sebelum memantapkan diri menggeluti usaha kopi, tahun 2012 Herry melakukan berbagai penelitian bermacam-macam varian kopi unggulan yang ada di Manggarai dan memilah-milah berdasarkan varian yang ada dimana sebelumnya varian-varian kopi tersebut dicampur aduk oleh petani, setelah itu membangun kemitraan dengan para petani yang menjadi binaan Golomory Coffee. Selanjutnya mendalami teknik roasting kopi yang modern sehingga bisa memproduksi kopi dengan cita rasa yang paling enak. Terakhir melatih sensorik dengan mempelajari cara penilaian cita rasa kopi, dengan demikian bisa mendapatkan formula kopi yang tepat dan sesuai selera pasar serta memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan merk kopi lainnya.


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *