Shadow

Kapten Pilot Wanita Pertama di Indonesia Tutup Usia, PPI Curug Berduka

Bagikan

Jakarta ( 13/9/2020): Captain Cipluk tutup usia. Semoga amal ibadahnya diterima Yang Maha Kuasa. Jasa serta pengabdianmu akan selalu kami kenang. Beristirahatlah dengan tenang di sisiNya. Keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.

Begitu cuitan di twitter @kemenhub151 Sabtu, 12 September 2020, pukul 10.53 WIB. Cuitan ini ditayangkan terkait meninggalnya Kapten Pilot Indah Yuliani atau akrab disapa Captain Cipluk. Dikabarkan Captain Cipluk meninggal dunia, Jumat, 11 September 2020, Pukul 21.50 WIB.

Foto : Istimewa

Pada cuitan @kemenhub151 dijelaskan Captain Cipluk merupakan pilot wanita komersial pertama di Indonesia. Ia adalah alumni LPPU Curug angkatan 28, masuk pada 1978 dan lulus pada 1979. Ia pertama kali bertugas di Bouraq Indonesia Airlines. Sejak tahun 1990-an sampai sekarang ia mengabdi di Airfast.

Saat Captain Cipluk menamatkan pendidikannya, memang masih bernama Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU). Berdasarkan sejarahnya LPPU berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan tanggal 1 Juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta. Pada 1954 API pindah ke Curug-Tangerang. Pada 1969 API berubah menjadi LPPU di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Kemudian 1979 berubah lagi menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan. Pada tanggal 10 Maret 2000, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2010 PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Akhirnya pada 2019 berubah menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) hingga saat ini.

Tentu saja para alumnus PPI ikut berduka atas kepergian salah satu lulusan terbaik ini. Beberapa koleganya mengaku almarhumah merupakan sosok yang kuat. Bagi yunior-yuniornya almarhumah merupakan sumber inspirasi bagi profesi pilot, terutamanya bagi kaum perempuan yang menggeluti profesi menantang tersebut. (*)

Baca Juga :  Kemendagri, KPK dan BPKP Sepakat Percepat Satukan Sistem dan Data Pembangunan dan Keuangan Daerah

 


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *