Shadow

Bandara Internasional Yogyakarta Pecahkan Rekor MURI Sebagai Bandara Dengan Pengoperasian Tercepat

Bagikan

Di tengah wabah pandemi Covid-19, kabar gembira datang dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Bandara yang berada di Kabupaten Kulom Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta itu berhasil memecahkan rekor MURI sebagai Bandara Dengan Pengoperasian Tercepat.

Atas pemecahan rekor tersebut, PT Angkasa Pura I (AP1) selaku pengelola bandara tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Piagam Penghargaan MURI dengan Nomor 9485/R.MURI/V/2020 diumumkan dan diserahkan secara simbolis oleh Pendiri MURI Jaya Suprana kepada Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi melalui kegiatan seremoni virtual pada Jumat, 15 Mei 2020.

“Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi yang luar biasa dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas upaya Angkasa Pura I yang senantiasa terus berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, pariwisata dan konektivitas udara di Tanah Air, khususnya untuk Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi
Foto : Istimewa

Sementara itu, Founder MURI Jaya Suprana mengatakan, bahwa ia merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh Angkasa Pura I melalui rekor Pengoperasian Bandara Tercepat di Indonesia.

“Apa yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia jika diberikan kesempatan, pasti mampu melakukan apapun yang bisa dilakukan negara manapun di plane bumi ini,” katanya.

Sejak mulai dilakukan proses konstruksi pada Juli 2018, YIA hanya membutuhkan waktu selama 20 bulan hingga pengoperasian penuh dan pekerjaan konstruksi selesai 100% pada akhir Maret 2020. Bahkan YIA sudah mulai dioperasikan terbatas pada Mei 2019. Hal ini membuat pembangunan YIA menjadi pembangunan bandara tercepat di Indonesia. 

Tidak hanya itu saja. Di tengah pandemi saat ini, beroperasinya YIA juga merupakan solusi atas permasalahan lack of capacity di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Hal ini memungkinkan YIA menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui konsep physical distancing dengan lebih maksimal dibandingkan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi Dengan Pemda dan Stakeholder, KSOP Kelas II Jayapura Lakukan Sosialisasi Optimalisasi Muatan Balik Tol Laut

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *