Shadow

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020

Bagikan

Tanjung Redeb, 23/11/2020: Di tengah pandemi Covid-19, Bandara Kalimaru berhasil meraih penghargaan Bandara Sehat 2020 dalam ajang Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan secara virtual pada hari Selasa, (17/11).

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 - Nusantara Info
Foto: Dok. Bandara Kalimarau

Kepala Bandara Kalimarau Bambang Hartato yang diwakili oleh Martono selaku Kasi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Bandara Kalimarau mengemukakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan apresiasi Kementerian Kesehatan atas dukungan dan komitmen pelabuhan serta bandar udara dalam mewujudkan lingkungan sehat yang memenuhi kriteria sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat.

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 - Nusantara Info
Foto: Dok. Bandara Kalimarau

“Ajang penghargaan ini baru pertama kali kami ikut dan langsung terpilih, tentu kami semua sangat gembira Bandara Kalimarau mendapatkan predikat sebagai Bandara Sehat 2020, ini adalah hadiah kepada Kabupaten Berau setelah sebelumnya Bandara Kalimarau telah ikut mendukung Kabupaten Berau sebagai salah satu titik pantau dalam diraihnya adipura oleh Kabupaten Berau. Apa lagi penghargaan tersebut diselenggarakan di tengah pandemi dan ini menjadi suatu prestasi yang harus kita semua jaga untuk terus meningkatkan pelayanan yang sehat sesuai dengan visi Bandara Kalimarau yang dalam waktu dekat akan menerapkan smart airport dan selalu berorientasi sehat berwawasan lingkungan dalam setiap kegiatan yang sejalan dengan visi,” katanya.

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 - Nusantara Info
Kepala Bandara Kalimarau Bambang Hartato, Foto: Dok. Bandara Kalimarau

Lebih lanjut Martono menjelaskan, bahwa seperti yang disampaikan oleh Kepala Bandara Kalimarau bahwa penghargaan Bandara Sehat 2020 yang diraih adalah dukungan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Berau, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan sebagai pembina, seluruh stakeholder Bandara Kalimarau dalam forum bandara sehat serta ahli lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Berau dan evirontment manager PT Berau Coal.

Baca Juga :  Diperpanjang, Citilink dan SiCepat Berikan 5.800 Tes PCR dan 1.600 Tes Antigen Gratis Bagi Penumpang

Penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut melibatkan lintas sektor sebagai tim penilai, di antaranya adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara untuk proses verifikasi dan penilaian dilakukan melalui presentasi secara virtual dengan didukung dokumentasi video sebagai pengganti verifikasi lapangan yang tidak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19.

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 - Nusantara Info
Foto: Dok. Bandara Kalimarau

“Awal mengikuti ajang ini adalah rekomendasi Kepala KKP Kelas II Tarakan Ahmad Hidayat dalam rapat Forum Bandara Sehat Kalimarau, karena Bandara Kalimarau adalah wilayah kerjanya yang dinilai cukup untuk direkomendasikan ke ajang Bandara Sehat. Lalu kerja dan melayani tim besar berupa sinergitas forum bandara sehat, dukungan pemerintah daerah, masyarakat dan peran pengguna jasa yang dilibatkan dalam komitmen menjamin bandara kita sehatlah yang mengantarkan predikat ini,” ujar Martono.

Bandara Kalimarau Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 - Nusantara Info
Rapat Forum Bandara Sehat Kalimarau, Foto: Dok. Bandara Kalimarau

Selain Bandara Kalimarau, bandara lainnya yang juga mendapatkan penghargaan Bandara Sehat 2020 adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Lombok, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Bandara Sultah Thaha dan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *