Shadow

Bupati Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Wakil Ketua DPR RI Bahas Investasi di Pelabuhan Depapre

Bagikan

Bupati Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Wakil Ketua DPR RI Bahas Investasi di Pelabuhan Depapre
Foto: Dok. Willem Thobias Fofid

Jakarta (9/5/2021): Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Kelas II Jayapura Willem Thobias Fofid dan Tim melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan Kemaritimian Buyung Lalana pada Rabu (5/5/2021).

Pertemuan tersebut dalam rangka peluang investasi di Pelabuhan Depapre Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang merupakan Kawasan Strategis Nasional dan penyelenggaraan Program Strategis Nasional Tol Laut di Pelabuhan Depapre.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengemukakan, bahwa kehadiran Pelabuhan Depapre ini sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, di mana Pelabuhan Depapre dipersiapkan untuk melayani Tol Laut di Papua.

“Pelabuhan Depapre memiliki potensi luar biasa. Selain dipersiapkan untuk melayani Tol Laut di Papua, Pelabuhan Depapre juga berada di lokasi strategis, yaitu berada di Teluk Tanahmerah yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik sehingga membuka peluang bagi Pelabuhan Depapre untuk menjadi hub atau gerbang perdagangan internasional, terutama di wilayah Pasifik,” katanya.

Bupati Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Wakil Ketua DPR RI Bahas Investasi di Pelabuhan Depapre
Foto: Dok. Willem Thobias Fofid

Lokasinya yang menjorok ke dalam dan menghadap ke Laut Pasifik, Pelabuhan Depapre akan menjadi tempat sandar kapal-kapal besar yang melintas di wilayah tersebut. Dengan adanya potensi tersebut, kehadiran Pelabuhan Depapre ini akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jayapura dan KSOP Kelas II Jayapura terus bersinergi untuk mengembangkan Pelabuhan Depapre tidak hanya untuk Tol Laut saja, tetapi juga untuk menggerakan roda perekonomian di bidang kemaritiman yang lebih luas lagi.

“Untuk pengembangan Pelabuhan Depapre dibutuhkan investasi. Untuk itu, kami melakukan pertemuan ini, mengingat Pelabuhan Depapre juga merupakan Kawasan Strategis Nasional yang memiliki potensi luar biasa,” ujar Bupati Mathius. (*)

Baca Juga :  Sosialisasi Tol Laut dan Pendampingan Para Pelaku Usaha di Kabupaten Supiori Diharapkan Jadi Role Model

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *