Dukung Industri Pariwisata, Ditjen Hubud Apresiasi Pembukaan Rute Manado – Tokyo Narita

Bagikan

Dukung Industri Pariwisata, Ditjen Hubud Apresiasi Pembukaan Rute Manado – Tokyo Narita

Jakarta (1/3/2023): Dalam rangka menunjang kebangkitan industri pariwisata di tanah air, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan potensi industri pariwisata nasional serta peningkatan performa industri pariwisata lokal.

Salah satu dukungan yang dihadirkan adalah dengan penerbangan langsung (direct flight) oleh maskapai Garuda Indonesia yang rencananya dimulai pada 1 Maret 2023, dengan rute Manado – Tokyo Narita PP seminggu sekali yang menggunakan pesawat Airbus A333 dengan kapasitas 250 seats.

Hal ini disampaikan oleh Putu Eka Cahyadhi selaku Direktur Angkutan Udara Ditjen Hubud saat menghadiri Forum Wisata, yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group, Selasa (28/2/2023), di Hotel Sultan, Jakarta.

“Untuk penerbangan Manado – Tokyo Narita PP sementara akan dilakukan 1 kali dalam seminggu dan jika demand-nya meningkat maka akan disesuaikan dengan kebutuhan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Putu juga menjelaskan guna mendukung industri penerbangan maka pada bulan Juni 2023 maskapai Emirates akan mengoperasikan pesawat komersil terbesar jenis Airbus A380 dengan kapasitas 600 seat untuk melayani rute Dubai – Denpasar PP.

Kebangkitan pariwisata global tentunya menjadi peluang dalam mengembangkan potensi wisata lokal dan juga memperbesar peluang usaha, menambah lapangan kerja serta meningkatkan keterisian hotel/penginapan, secara umum dapat membangkitkan perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022 lalu.

Peningkatan pariwisata juga menjadi tujuan bersama kementerian/lembaga. Selain itu juga diperlukan dukungan dan kerja sama dari pemerintah daerah terkait potensi yang ada di wilayahnya, agar menumbuhkan demand, sehingga dapat mewujudkan konektivitas nasional yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah.

“Salah satu program konkrit dalam meningkatkan industri pariwisata lokal dengan mensukseskan 10 New Bali, dengan potensi 120 juta perjalanan wisatawan nusantara dan 7 juta orang wisatawan mancanegara,” jelas Putu.

Baca Juga :  Harhubnas 2021, Menhub Ajak Insan Perhubungan Terus Bergerak Harmonikan Indonesia

Acara Forum Wisata tersebut dibuka oleh Direktur Utama Tempo Media Grup, Arif Zulkifli juga turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Salahuddin Sandiaga Uno secara virtual, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kemenparekraf RI, Vinsencius Jemadu, Deputi Bidang Ekonomi dan Produk Kemenparekraf RI dan Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar, Kementerian Luar Negeri RI. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait