Shadow

Jelang Beroperasi Pada 1 Juni 2021, AP II Lakukan Simulasi Pelayanan Penumpang di Bandara Jenderal Besar Soedirman

Bagikan

Jelang Pengoperasian Pada 1 Juni 2021, AP II Lakukan Simulasi Pelayanan Penumpang di Bandara Jenderal Besar Soedirman
Simulasi pelayanan penumpang, Foto: purbalinggakab.go.id

Purbalingga (31/5/2021): Menjelang pengoperasian Bandara Jenderal Besar Soedirman, PT Angkasa Pura II (AP II) Cabang Purbalingga melakukan simulasi pelayanan penumpang di terminal sementara bandara tersebut, Jumat (28/5/2021).

Simulasi tersebut melibatkan 20 orang anggota TNI AU Lanud Jenderal Besar Soedirman yang berperan sebagai penumpang pesawat. Simulasi pelayanan dimulai ketika calon pengguna jasa bandara masuk ke terminal hingga naik ke pesawat.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Purbalingga Catur Sudarmono mengatakan, bahwa kegiatan simulasi tersebut bekerja sama dengan TNI AU Lanud Jenderal Besar Soedirman dan kegiatan tersebut berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi, mereka seolah sebagai calon penumpang pada simulasi tersebut. Karena masih pandemi Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Dari hasil simulasi, semua dilakukan evaluasi. Baik dari sisi petugas maupun dari penumpang. “Simulasi dilakukan saat penumpang hendak berangkat, dan saat kedatangan penumpang. Semua berjalan lancar dan baik. Penerapan protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan ketat, mulai dari pemeriksaan dokumen kesehatan sebelum masuk terminal. Ini mungkin karena para peserta simulasi sudah terbiasa naik pesawat. Namun, intinya, kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk para calon penumpang,” sambung Catur.

Jelang Pengoperasian Pada 1 Juni 2021, AP II Lakukan Simulasi Pelayanan Penumpang di Bandara Jenderal Besar Soedirman
Foto: purbalinggakab.go.id

Bandara Jenderal Besar Soedirman akan dioperasikan pada 1 Juni 2021. Terkait hal tersebut, PT Angkasa Pura II telah mendapatkan sertifikat Bandar Udara dan penetapan Badan Usaha Bandar Udara dari Kementerian Perhubungan. Dokumen yang telah dikantongi PT Angkasa Pura II, yakni Sertifikat Bandar Udara  nomor 0163/SBU-DBU/IV/2021 tanggal 16 April 2021. Kemudian Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KM 107 Tahun 2021 tanggal 22 April 2021 tentang PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai Badan Usaha Bandar Udara, dan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor KP 98 Tahun 2021 tanggal 22 April 2021 tentang penetapan Bandar Udara  yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

Baca Juga :  Kementerian Perhubungan Minta Angkasa Pura II dan KKP Lebih Siap Menerapkan Protokol Kesehatan

“Tanggal 1 Juni 2021 rencananya akan dilakukan penerbangan komersial perdana dengan maskapai Citilink. Penerbangan ini sekaligus sebagai upaya agar masyarakat familiar dengan Bandara Jenderal Besar Soedriman dan transportasi udara,” ujar Catur.

Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirma dilayani oleh Citilink Indonesia yang rencananya pada 1 Juni 2021 akan terbang dari Bandara Juanda Surabaya menuju Purbalingga dengan membawa penumpang dari AP II. Sebagai maskapai pioneer penerbangan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Citilink Indonesia akan memberikan harga istimewa kepada para calon penumpang. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *