Shadow

Kehadiran Bandara JB Soedirman, Ini Peluang Bagi Pelaku Wisata Purbalingga

Bagikan

Kehadiran Bandara JB Soedirman, Ini Peluang Bagi Pelaku Wisata Purbalingga
Desain Bandara JB Soedirman, Foto: Istimewa

Purbalingga (15/3/2021): Pemerintah Kabupaten Purbalingga berharap kehadiran Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku wisata di daerah itu agar sektor pariwisata daerah tersebut dapat menggeliat dan mendorong pertumbuhan perekonomian daerah di sektor pariwisata.

Ketua Dekranasda Kabupaten Purbalingga Rizal Diansyah mengatakan, kehadiran Bandara JB Soedirman merupakan peluang bagi pelaku wisata Purbalingga. Oleh karena itu, para pelaku wisata harus siap mengambil kesempatan itu, jangan sampai kehadiran bandara di Purbalingga justru menguntungkan daerah lain.

“Purbalingga memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, seperti wisata alam, pedesaan, religi, sejarah dan budaya. Hadirnya Bandara JB Soedriman ini menjadi peluang untuk pelaku wisata, karena akses semakin mudah sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Purbalingga. Kehadiran bandara harus dimanfaat semaksimal mungkin, jangan daerah lain yang lebih banyak mendapatkan manfaatnya,” ungkap Rizal pada acara Sarasehan Purbalingga Tourism Information Center (TIC) dalam rangka menyambut dibukanya Bandara JB Soedirman, pada Sabtu (13/3/2021).

Kehadiran Bandara JB Soedirman, Ini Peluang Bagi Pelaku Wisata Purbalingga
Acara Sarasehan Purbalingga Tourism Information Center, Foto: purbalinggakab.go.id

Pengembangan wisata di Purbalingga, menurut Rizal harus dikembangkan dan menjadi prioritas serta harus menunjukkan ciri khas daerah Purbalingga. Ia menambahkan, bahwa Purbalingga memiliki Goa Lawa Purbalingga (Golaga) yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga bisa dijadikan sebagai icon wisata Purbalingga. “Golaga bisa menjadi icon wisata Purbalingga, karena obyek wisata ini memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan, bahwa Purbalingga telah memiliki TIC yang dapat menjadi penghubung semua stakeholder. Lokasi TIC juga strategis, yakni berada di pusat kota dan didukung dengan adanya Wastralingga, Tuka-Tuku Purbalingga, café dan Misbar Purbalingga.

Kehadiran Bandara JB Soedirman, Ini Peluang Bagi Pelaku Wisata Purbalingga
Goa Lawa Purbalingga, Foto: Istimewa

“Tidak hanya itu saja. Purbalingga juga memiliki BUMD yang khusus menangani wisata, yaitu Owabong yang dapat menjadi pendorong pengembangan wisata lainnya,” tutur Rizal.

Baca Juga :  Dirjen Hubud Novie Riyanto Kunjungi Bandara Soedirman Purbalingga, Sisi Udara Rampung 100%

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga, Bambang Widjonarko mengatakan, siap menyambut kehadiran Bandara JB Soedirman dan mendorong pariwisata Purbalingga untuk terus berkembang. Di samping itu, pelaku wisata juga dapat melakukan promosi bagi wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga melalui Bandara JB Soedirman.

“Pelayanan wisata harus dilakukan secara maksimal dan memberikan kesan bagi pengunjungnya,” ujar Bambang. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *