Menhub Buka Maritime Job Fair dan Resmikan Perpustakaan Digital Bidang Pelayaran

Bagikan

Menhub Buka Maritime Job Fair dan Resmikan Perpustakaan Digital Bidang Pelayaran

Jakarta (24/2/2023): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka penyelenggaraan Maritime Job Fair yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda, Jakarta, Kamis (23/2/2023). Pada kesempatan yang sama, Menhub juga meresmikan Perpustakaan digital (E-Library) bidang pelayaran.

Maritime Job Fair merupakan hasil kolaborasi antara Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan dengan organisasi pengusaha pelayaran atau Indonesian National Shipowners’ Association (INSA). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka kesempatan kerja yang luas dan sekaligus mengembangkan karir di bidang pelayaran, bagi para pelaut maupun masyarakat umum.

Sementara, peluncuran Perpustakaan digital (E-Library) bidang pelayaran merupakan salah satu inovasi dari BPSDM Perhubungan dalam rangka meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat, serta menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi terkini dalam bidang maritim, khususnya industri pelayaran.

“Bapak Presiden selalu menekankan bahwa SDM itu menjadi suatu kekuatan dari daya saing Indonesia. Oleh karenanya, Saya minta BPSDM Perhubungan harus terus memperbarui format pengajaran agar menghasilkan lulusan yang berdaya saing. E-library ini merupakan salah satu reformasi pendidikan,” ucap Menhub.

Menhub mengapresiasi peran serta INSA sebagai salah satu mitra strategis pemerintah, untuk bersama-sama menciptakan SDM yang andal dan berdaya saing, yang dapat mempercepat pembangunan ekosistem industri pelayaran nasional. Menurutnya, transportasi laut menjadi tulang punggung konektivitas di Indonesia dalam rangka menekan biaya logistik dan mewujudkan pemerataan pembangunan nasional. “Saya harap kolaborasi yang baik ini dilakukan secara berkelanjutan,” kata Menhub.

Maritime Job Fair ini berlangsung selama satu hari, Kamis, 23 Maret 2023 mulai pagi hari sampai dengan sore hari pukul 17.00 WIB, dan menghadirkan sejumlah perusahaan pelayaran nasional dan internasional di antaranya: Meratus, Temas, ABL, Taka, Andhika Lines, Soechi Lines, dan perusahaan pelayaran lainnya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang ke-66. Selain Job Fair, juga diselenggarakan kegiatan talkshow dengan sejumlah narasumber di sektor transportasi yang telah berkarya dalam dunia kerja transportasi laut. ‘

Baca Juga :  Dirjen Hubla Lantik 56 Orang Perwira Pandu

Job Fair ini diikuti para peserta yang berasal dari sejumlah lembaga pendidikan diantaranya yaitu: Perguruan Tinggi Pelayaran, Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran, Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran, dan Training Center Pelayaran.

Selain menggelar Job Fair, BPSDM Perhubungan melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut juga membangun aplikasi Job Center yang dapat diakses secara online oleh perusahaan pelayaran dan pencari kerja, sehingga memudahkan informasi lowongan dan pencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait