Shadow

Tingkatkan Layanan Penyeberangan Jawa-Sumatera, Dermaga IV Merak-Bakauheni Diresmikan

Bagikan

Cilegon (13/10/2020): Guna meningkatkan layanan penyeberangan Jawa – Sumatera, Dermaga IV Merak – Bakauheni diresmikan pada hari Senin (12/10).

Sebagai lintas penyeberangan yang berada di kawasan pusat perekonomian nasional, tentunya diperlukan dukungan infrastruktur, mengingat Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni merupakan sepasang pelabuhan komersil yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, dengan beroperasinya Dermaga IV Merak – Bakauheni merupakan solusi agar kegiatan mobilisasi barang maupun penumpang antara pulau Jawa dan Sumatera semakin lancar.

“Pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak – Bakauheni merupakan peningkatan dari dermaga yang sudah ada sebelumnya. Dengan peningkatan yang telah dilakukan, dermaga IV dapat melayani kapal-kapal penyeberangan dengan kapasitas 6.000 – 10.000 GRT (Gross Tonnage),” katanya.

Dermaga IV Diresmikan-Nusantara Info
Peresmian Dermaga IV Merak-Bakauheni

Lebih lanjut Dirjen Budi mengungkapkan bahwa saat ini terjadi kerusakan Dermaga V Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, dimana secara teknis akan sangat membahayakan keselamatan pelayaran apabila tetap dioperasikan. Oleh karena itu kesiapan Dermaga IV diperlukan untuk menjamin kelancaran layanan penyeberangan antar pulau ini.

Peran pelabuhan sangat vital dalam perekonomian nasional dan daerah, untuk menjamin kelancaran, keamanan, ketertiban dan keselamatan berlayar maka pemeliharaan fasilitas pelabuhan mutlak dilaksanakan. Hal ini juga yang harus dilaksanakan PT. ASDP selaku Operator Pelabuhan. Pemeriksaan fasilitas pelabuhan secara rutin merupakan tools untuk dapat melaksanakan langkah tindak lanjut dalam melaksanakan pemeliharaan berkala. Dengan langkah ini diharapkan tidak akan terjadi kerusakan yang bersifat mayor dan gagal fungsi pada fasilitas pelabuhan.

Sementara itu Ira Puspadewi, Direktur Utama PT. ASDP mengatakan bahwa dengan adanya Dermaga IV Merak Bakauheni maka lintas penyeberangan Merak – Bakauheni yang tadinya 140 trip, kini menjadi 160 trip per hari. Pekerjaan pembangunan Dermaga IV Merak – Bakauheni dilaksanakan oleh PT. PP (Persero), Tbk, dalam waktu satu tahun. (*)

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Layanan Transportasi Bagi Penyandang Disabilitas, Kemenhub Gelar Pelatihan Khusus

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *