Shadow

Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri

Bagikan

Jakarta (20/1/2021): Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat telah menetapkan 10 nama Bupati/ Wali Kota yang terpilih untuk meraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 pada acara puncak Hari Pers Nasional tahun ini di Jakarta, Selasa (9/2/2021) mendatang.

Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri
Bupati Banggai Dalam Kegiatan Pinasa, Foto: Humas Kabupaten Banggai

Ketua Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Nungki Kusumastuti mengatakan Bupati/ Wali Kota terpilih, masing-masing memiliki strategi jitu dalam memajukan kebudayaan daerah mereka.

“Misalnya, dalam menghadapi gejala umum bahwa kaum milenial kurang menyukai kebudayaan daerah. Bagian pelik itu, kemudian dijawab oleh para Bupati/ Wali Kota dengan strategi berbeda-beda, dalam mengolah kekuatan dan warisan kekayaan masa lalu dengan cara-cara masa kini, termasuk penggunaan teknologi dunia maya. Dengan begitu, daerah tidak menerima pengaruh global begitu saja, tetapi turut mewarnainya,” ujar Nungki di Jakarta pekan lalu.

Dari kesepuluh nama kepala daerah itu terdapat Herwin Yatim, Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, dengan proposal yang diajukan berjudul “Pinasa: Gaya Hidup Kabupaten Banggai.”

Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri
Bupati Banggai Herwin Yatim, Foto: Humas Kabupaten Banggai

Apa itu Pinasa sehingga menggoda para juri?. “Gerakan Moral Pinasa ” merupakan gerakan moral berbasis kearifan lokal dan budaya untuk memberikan keteladanan dan motivasi serta menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi masyarakat. Diharapkan masyarakat terlibat langsung menjaga kondisi lingkungan bebas sampah sehingga terwujud Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Dalam satu presentasi di Jakarta Bupati Herwin menjelaskan bahwa Pinasa merupakan akronim yang berasal dari tiga bahasa daerah etnis besar di wilayah Kabupaten Banggai yang dapat diartikan “Lihat Sampah Ambil”. Ketiganya yaitu Bahasa Saluan “Pia Na Sampah Ala”, Bahasa Balantak “Pii’Le Na Sampah Ala” dan Bahasa Banggai “Po Kitayo Sampah Alayo”. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banggai yakni “Mewujudkan Pengembangan Nilai-nilai Agama, Kearifan Lokal dan Budaya”.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Apresiasi Kabupaten Sumedang Dalam Tangani Stunting
Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri
Bupati Banggai Saat Presentasi, Foto: menpan.go.id

Diharapkan penerapan Gerakan Moral Pinasa, lanjut Bupati Herwin, dapat menjadi edukasi sejak dini bagi masyarakat untuk menerapkan budaya hidup bersih dan sehat serta mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini secara tidak langsung turut serta memberikan perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup bagi keanekaragaman hayati ekosistem lainnya baik ekosistem darat, air maupun udara. Gerakan Moral Pinasa berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup yang ditandai dengan terciptanya kenyamanan, kesehatan, keindahan dan kebersihan lingkungan.

Gerakan Moral Pinasa ini dikemas dalam berbagai aksi. Di antaranya Pinasa Bersama Gerakan Lorong Asri, Pinasa Bersih Sungai, Pinasa Bersama Gerakan Masyarakat Cinta Taman, Pinasa Cilik Cinta Lingkungan, Pinasa Bersama Para Lanjut Usia, Pinasa Menabung Bersih Lingkungan, Pinasa Bersama Teman Sehati dan Pinasa Ber-NSP.

Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri
Bupati Banggai Meninjau Kegiatan Pinasa, Foto: Humas Kabupaten Banggai

“Manfaat yang dihasilkan adalah terlaksananya penataan Ruang Terbuka Hijau serta penataan taman kota, pedestrian kota, penghijauan kota, ornamen kota, dan penerangan kota, kemudian meningkatnya peran serta dunia usaha dalam memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility,” kata Bupati Herwin.

CSR dimaksud dalam bentuk pengadaan tempat sampah pada fasilitas-fasilitas umum, terbangunnya fasilitas tempat pembuangan akhir sampah dengan sistem controlled landfill, dan menjadi salah satu bahan ajar muatan lokal disetiap sekolah sebagai bentuk edukasi bagi anak-anak usia dini.

Bupati Banggai Raih Anugerah Kebudayaan PWI 2021, Ternyata Pinasa Menggoda Para Juri
Pinasa On the Road, Foto: Humas Kabupaten Banggai

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan rencananya trofi dan piagam penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 akan diberikan kepada 10 Bupati/ Wali Kota tersebut secara daring dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo. (**)

 

 


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *