Shadow

Gubernur Arinal Terima Penganugerahan Innovative Government Awards 2020

Bagikan

Jakarta, (19/12/2020): Gubernur Arinal diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menghadiri Malam Penganugerahan Innovative Government Awards (IGA) 2020, di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12).

Gubernur Arinal Terima Penganugerahan Innovative Government Awards 2020 - Nusantara Info
Foto: Istimewa

Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 diberikan kepada sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) yang dinilai Terinovatif dan Sangat Inovatif di Indonesia. Penganugerahan Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

Penyelenggara penilaian dan penghargaan inovasi daerah tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan – Kementerian Dalam Negeri RI (BPP atau Badan Litbang).

Kegiatan tahunan ini merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan Dana Insentif Daerah.

Gubernur Arinal Terima Penganugerahan Innovative Government Awards 2020 - Nusantara Info
Mendagri Tito Karnavian, Foto: Istimewa

Kegiatan IGA diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri No. 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif inovasi Daerah.

Dalam ketentuan-ketentuan tersebut dijelaskan, bahwa Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Kemudian, Pemerintah Pusat akan melakukan penilaian dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Daerah.

Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutannya mengatakan bahwa IGA merupakan salah satu upaya untuk mendorong agar Pemda se-Indonesia, semakin berinovasi tinggi dalam mengelola pemerintahan.

“Dengan demikian, publik semakin dilayani dengan tepat dan efisien oleh Pemda. Dalam masa Otda (Otonomi Daerah), sudah sewajarnya bahwa ‘inovasi’ merupakan kata kunci penting bagi Pemda,” kata Mendagri.

Lebih lanjut, Mendagri berpesan agar dalam menggelar pemerintahan, Pemda selalu terampil dalam mengharmonisasikan bauran antara garis kebijakan Pemerintah Pusat, dengan inisiatif daerah. Dengan demikian, efek dari inisiatif daerah, akan selalu selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga :  Menteri Perhubungan dan Kepala BNPB Apresiasi Gubernur Lampung dan Satgas Khusus Dalam Penanganan Covid-19

Mendagri juga sangat mengapresiasi kegiatan IGA 2020 ini, karena proses penilaian dilakukan secara obyektif, independen, dan dapat dipertanggungjawabkan, dengan melibatkan banyak Tim Penilai dari berbagai Instansi, Akademisi, dan Tokoh/ Pakar Inovasi Daerah.

Sementara itu, Gubernur Arinal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Lampung mengungkapkan bahwa dalam pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) Tahun 2020, Provinsi Lampung masuk dalam 3 besar Nasional bersama Provinsi Sumatera Selatan dan Jawa Tengah, dengan inovasi sejumlah 319 inovasi dengan skor akhir 35.336.

Gubernur Arinal Terima Penganugerahan Innovative Government Awards 2020 - Nusantara Info
Foto: Istimewa

Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa inovasi unggulan yaitu di bidang Pendidikan, Keuangan dan Kesehatan yang telah diterapkan dalam tata kelola Pemerintahan.

Adapun inovasi unggulan Pemerintah Provinsi Lampung yang dilombakan yaitu SIP-PAKDE, Lampung Mengajar, e-PAP dan e-PBBKB serta Posbindu Cerdik Jiwa. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *