Peringati HUT Satpol PP dan Satlinmas, Kemendagri Serahkan Penghargaan Kepada 12 Daerah

Bagikan

Peringati HUT Satpol PP dan Satlinmas, Kemendagri Serahkan Penghargaan Kepada 12 Daerah

Makassar (2/3/2023): Dalam memperingati HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rakornas di Hotel Claro, Makassar, Kamis (2/3/2023).

Rakornas kali ini mengusung tema “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi Melalui Satpol PP dan Satlimas yang Profesional”, dengan tujuan untuk memberikan motivasi melalui kontribusi nyata pada upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan mewujudkan ketentraman, ketertiban umun dan pelindungan masyarakat.

“Peran Satpol PP dan Satlinmas begitu nyata dan terus tumbuh di tengah masyarakat, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 menjadi success and moral story yang membuktikan arti penting dan strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ujar Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA dalam sambutannya.

Di sela-sela Rakornas, juga diserahkan piagam Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP kepada 12 daerah, yang terdiri dari 4 pemerintah provinsi, 5 pemerintah kabupaten dan 3 pemerintah kota.

“Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP ini diberikan kepada Satpol PP yang sangat berhasil, kreatif, inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya,” terang Safrizal.

Dalam Rakornas tersebut, juga turut hadir Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo yang membuka kegiatan Rakornas secara resmi dan para kepala daerah maupun perwakilan Kementerian/Lembaga, mulai dari Kementerian PAN RB, Kementerian PPN/Bappenas, Bawaslu RI, Kemkeu RI dan Baharkam Polri.

“Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,72% pada tahun 2022 berkat kerja keras, komitmen dan kolaborasi dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, termasuk tentunya peran Satpol PP dan Satlinmas,” ujar Jhon Wempi.

Rakornas kali ini menjadi istimewa karena selama dua tahun belakangan digelar secara sederhana dan virtual. Gelaran Rakornas juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pola operasi bagi Satpol PP dan Satlinmas di daerah, terutama dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak di tahun 2024.

Baca Juga :  Pemutakhiran! Ditjen Bina Adwil Kemendagri Klarifikasi Nama dan Kedudukan Ibu Kota di Sumatera

Selain itu, dalam Rakornas tersebut juga turut dibahas mengenai pengendalian inflasi dan kebijakan pemenuhan standar pelayanan minimal Trantibumlinmas.

“Kami mengajak untuk menyatukan prinsip ketentraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat daerah baik dalam rangka pertumbuhan ekonomi, membangun strategi pengendalian inflasi, dan menyukseskan agenda pemilu dan pilkada serentak 2024,” tutup John Wempi. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait