Shadow

Musamus, Tingginya Melebihi Manusia

Bagikan

Musamus, Tingginya Melebihi Manusia
Musamus di savana Kampung Salor, Merauke, Foto: Nusantara Info

Merauke (10/7/2021): Ada yang menarik saat berkunjung ke ujung timur Indonesia, yakni Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini ini memiliki destinasi wisata menarik yang hanya bisa ditemui di beberapa negara saja, yaitu Musamus atau sarang semut yang tingginya bisa melebihi manusia.

Di Merauke, kita dapat melihat Musamus di banyak tempat, di antaranya adalah di Taman Nasional Wasur dan salah satu yang paling populer ada di savana yang luasnya yang luasnya berhektar-hektar, yaitu di Kampung Salor, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua.

Di savana Kampung Salor, kita bisa melihat ratusan musamus. Sepanjang jalan ini, pemandangan menakjubkan itu sudah dapat terlihat. Sarang semut dengan ketinggian dua hingga lima meter itu tersebar di mana-mana.

Musamus, sesungguhnya bukanlah sarang semut. Karya menakjubkan ini dibangun oleh koloni sejenis rayap yang tidak merusak. Jika dilihat sekilas, bentuknya memang mirip semut. Bayangkan, hewan-hewan kecil itu bisa membangun rumah besar yang konon katanya kuat dipanjat manusia.

Bangunan musamus berbentuk kerucut dan memiliki tekstur yang berlekuk-lekuk. Para ahli mengatakan, bahwa musamus terbuat dari tanah, rumput dan air liur rayap yang berfungsi sebagai perekat. Di dalam musamus konon terbentuk lorong-lorong yang berliku dan rumit. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *