Shadow

Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial

Bagikan

Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial
Foto: Dokumentasi Bandara Japura Rengat

Rengat (17/9/2021): Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76, HUT Ke- 69 Bandara Japura yang jatuh pada tanggal 1 September 2021, dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap tanggal 17 September, pengelola Bandara Japura melaksanakan serangkaian kegiatan, di antaranya adalah bakti sosial, kerja bakti, padat karya, upacara, hingga lomba memasak.

Kepala Bandara Japura Rengat Alek Rudi Nainggolan mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor UPBU Kelas III Japura Rengat adalah untuk memperingati tiga momen sekaligus, yakni HUT RI, ulang tahun bandara, dan Harhubnas 2021.

“Jadi, kami buat rangkaian kegiatan ini sejak awal Agustus untuk menyambut HUT RI ke-76, lalu diteruskan dengan ulang tahun bandara dan Harhubnas yang memang tanggalnya ini berdekatan,” katanya.

Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial
Kepala Bandara Japura Rengat Alek Rudi Nainggolan menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu warga, Foto: Dok. Bandara Japura Rengat

Kegiatan bakti sosial dilakukan sejak 4 Agustus 2021 hingga 18 September 2021 terdiri dari enam sesi. Sesi pertama, bakti sosial dilakukan pada 4 – 7 Agustus 2021 di Puskesmas Lirik, Panti Asuhan Ainun Jariah, Pengurus Gereja HKBP Air Molek, Pengurus Masjid At-Taqwa Sidomulyo dan delapan orang masyarakat serta program layak huni untuk masyarakat tidak mampu.

Bakti sosial sesi kedua dilakukan pada 11 – 14 Agustus 2021 di Panti Asuhan As-Syamsiah dan delapan orang masyarakat serta program layak huni untuk masyarakat tidak mampu. Sesi ketiga dilakukan pada 25 – 28 Agustus 2021 dengan memberikan bantuan kepada tujuh orang masyarakat serta membagikan 100 nasi kotak dan masker kepada pedagang di Pasar Japura.

Untuk sesi keempat dilakukan pada 1 – 4 September 2021 dengan membagikan 100 nasi kotak kepada pedagang di Pasar Air Molek. Sesi kelima yaitu 8 – 11 September 2021 dengan membagikan 100 nasi kotak kepada pedagang di Pasar Lirik.

Baca Juga :  Penerbangan Perdana Angkutan Perintis Korwil Gunung Sitoli
Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial
Kegiatan padat karya, Foto: Dok. Bandara Japura Rengat

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian antar sesama dengan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan serta mempererat hubungan silaturahmi. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengurangi beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19,” ungkap Alek.

Sedangkan untuk program padat karya, Bandara Japura Rengat mengusung tema Padat Karya Peduli Lingkungan yang dilaksanakan selama lima hari, yaitu 14 – 18 September 2021. Program padat karya ini melibatkan masyarakat sekitar bandara sebanyak kurang lebih 150 orang.

Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial
Upacara Harhubnas virtual, Foto: Dok. Bandara Japura Rengat

Program padat karya merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada jajaran kabinetnya, salah satunya adalah kepada Menteri Perhubungan. Padat karya juga merupakan salah satu program strategis nasional tahun 2021 yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran dan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan serta penghasilan, khususnya mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Kegiatan padat karya, lebih lanjut Alek menjelaskan, bahwa ruang lingkup pekerjaan program padat karya ini adalah membersihkan drainase, pagar, dan pemotongan pohon yang menjadi obstacle.

“Padat karya ini memberdayakan tenaga lokal dan diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar bandara, khususnya mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19,” jelas Kabandara.

Peringati Harhubnas, Bandara Japura Rengat Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial
Mengikuti upacar Harhubnas 2021, Foto: Dok. Bandara Japura Rengat

Selain itu, Kantor UPBU Kelas III Bandara Japura Rengat juga mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Harhubnas 2021 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (17/9/2021). Harhubnas tahun ini mengusung tema Bergerak Harmonikan Indonesia.

“Harhubnas merupakan momentum penting untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang perhubungan dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia,” pungkas Alek. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *