Selama Libur Nataru 2023/2024, Lima Ruas Jalan Tol Trans Sumatera ini Dibuka Gratis!

Bagikan

Tol Indralaya-Prabumulih, Foto: Istimewa

Jakarta (5/12/2023): Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, lima ruas jalan tol Trans Sumatera akan dibuka gratis. Demikian disampaikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), melalui akun Instagram resminya @pupr_bpjt pada Minggu (3/12/2023).

Keputusan ini diambil sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah agar dapat meringankan beban mobilitas sekaligus biaya bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik maupun berlibur bersama keluarganya di akhir tahun. Dalam informasi resminya, total jalan tol yang dibuka gratis itu mencapai 126,43 kilometer (Km) mulai dari Indralaya-Prabumulih, Binjang-Langsa, sampai Tebing Tinggi-Indrapura

“Bagi yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans-Sumatera akhir tahun nanti, ada lima ruas yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis,” tulis pihak BPJT melalui akun Instagramnya.

Berikut ini daftar lima jalan tol Trans Sumatera yang dibuka gratis saat libur Nataru:

  • Indralaya-Prabumulih (64,5 Km)

Jalan tol ini merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Muara Enim yang akan mempersingkat waktu tempuh Palembang ke Prabumulih menjadi hanya satu jam saja.   Selain itu jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

  • Stabat-Kuala Bingai (8 Km)

Kehadiran jalan tol yang saat ini sudah beroperasi juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

  • Indrapura-Lima Puluh (15 Km)

Merupakan bagian dari seksi 1 jalan tol Indrapura-Kisaran yang akan menghubungkan beberapa jalan tol lainnya. Seperti Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi- Parapat.

  • Tebing Tinggi-Indrapura (26,23 Km)

Jalan tol ini merupakan bagian dari seksi 1 jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat atau Kutepat. Jalan tol ini akan tersambung langsung dengan jalan tol yang berada di Sumatera Utara   yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Indrapura-Kisaran.

  • Blang Bintang-Baitussalam (12,7 Km)
Baca Juga :  Tinjau Proyek Pelabuhan Patimban, Menhub Optimis Pembangunan Tahap I Dapat Beroperasi November 2020

Ruas ini merupakan lanjutan jalan tol Sigli-Banda Aceh yang menghubungkan Blang Bintang ke Baitussalam ini menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seulimeum ke Blang bintang sepanjang 35,8 Km. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait