Pemkab Mappi Gelontorkan Dana Rp 700 Juta untuk Sukseskan Festival Budaya Sejuta Rawa II

Bagikan

Pemkab Mappi Gelontorkan Dana Rp 700 Juta untuk Sukseskan Festival Budaya Sejuta Rawa II

Mappi (21/11/2023): Untuk menyukseskan Festival Budaya Sejuta Rawa II yang diselenggarakan pada 17-18 November 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi menggelontorkan uang sejumlah Rp 700 juta dari APBD tahun anggaran 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Mappi Michael R. Gomar mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) memberikan dukungan biaya sebesar Rp 700 juta kepada panitia Festival Budaya Sejuta Rawa II. Dana tersebut didistribukan ke berbagai seksi yang selanjutnya digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan kegiatan festival tersebut.

“Festival Sejuta Rawa merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2022. Pemkab Mappi melaksanakan event tahunan ini dalam rangka mengangkat kembali potensi-potensi budaya yang ada di Kabupaten Mappi,” katanya.

Lebih lanjut Gomar mengungkapkan, bahwa antusias dan animo masyarakat untuk mengikuti Festival Budaya Sejuta Rawa II lebih tinggi dibanding sebelumnya. Hal itu berkat sosialisasi, promosi dan juga kolaborasi berbagai stakeholder di Mappi dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut.

“Budaya dan adat istiadat adalah jati diri kita, harga diri kita orang Papua untuk kita jaga dan bisa lestari terus. Di samping itu perlu kita mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Mappi untuk dikenal di Papua Selatan, di Indonesia maupun di internasional,” ungkapnya.

Kabupaten Mappi memiliki enam suku besar, yaitu Suku Awyu, Suku Yaghai, Suku Wiyagar, Suku Asmat, dan Suku Tamario. Enam suku besar ini memiliki keanekaragaman adat, seni dan budaya. Potensi kebudayaan itu perlu dijaga, dilestarikan dan dikembangkan di masa-masa mendatang sehingga bisa memberikan manfaat yang baik bagi generasi selanjutnya.

“Tanggung jawab moril kita sebagai generasi saat ini, masyarakat saat ini adalah menjaga, merawat dan juga mengangkat budaya-budaya yang nanti akan bermanfaat bagi anak cucu kita ke depan,” pungkas Pj Bupati. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan