Shadow

Geopark Gorontalo Jadi Kandidat Geopark Nasional

Bagikan

rapat persiapan keikutsertaan Provinsi Gorontalo pada Virtual Advisory Mission dalam Geopark Indonesia Summit 2021
Danau Limboto, Foto: Istimewa

Gorontalo (23/10/2021): Kawasan Geopark Gorontalo menjadi kandidat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Provinsi Gorontalo sebagai salah satu aspiring Geopark Nasional, diberi kesempatan untuk berpartisipasi pada kegiatan Virtual Advisory Mission dalam Geopark Indonesia Summit 2021.

“Saya minta semua hal yang terkait dengan keikutsertaan Gorontalo pada Geopark Indonesia Summit ini dipersiapkan dengan baik, tidak hanya oleh BAPPPEDA, tetapi harus didukung oleh organisasi perangkat daerah dan instansi lainnya,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat memimpin rapat persiapan Virtual Advisory Mission yang berlangsung di Ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Kamis (21/10/2021).

Tahapan yang sudah dilalui dalam pengembangan Geopark Gorontalo menjadi Geopark Nasional, yaitu penilaian warisan geologi yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM yang saat ini tinggal menunggu penetapannya dan setelah itu akan ke tahap penetapan sebagai Geopark Nasional.

Terkait upaya percepatan penetapan tersebut, Idris mengutarakan beberapa hal yang harus segera ditindaklanjuti, di antaranya sinkronisasi program kegiatan semua pihak terkait, penyusunan rencana induk geopark, serta riset-riset lanjutan.

Geopark Gorontalo Jadi Kandidat Geopark Nasional
Rapat persiapan keikutsertaan Provinsi Gorontalo pada Virtual Advisory Mission dalam Geopark Indonesia Summit 2021, Foto: Gorontaloprov.go.id

“Banyak sekali tahapan yang harus kita kerjakan, saya minta harus bekerja sama dan sama-sama bekerja. Ini tidak mudah, tetapi kita harus berupaya maksimal agar Geopark Gorontalo ditetapkan menjadi Geopark Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPPEDA Provinsi Gorontalo Tity Iriani Datau menjelaskan, pada kegiatan Virtual Advisory Mission yang akan digelar pada tanggal 1 dan 2 November 2021, Provinsi Gorontalo akan memperoleh masukan dari asesor Unesco Global Geopark, G. Martini.

Tity menambahkan, potensi Geopark Gorontalo yang diusulkan menjadi Geopark Nasional antara lain Danau Limboto, geotermal Pentadio, Benteng Otanaha, kerajinan Karawo, Kota Tua, Taman Laut Olele, situs Oluhuta, Pantai Dulanga, Desa Religi Bubohu, dan Pantai Biluhu.

Baca Juga :  Mulai Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun di Bone Bolango Dilakukan

“Saat ini di Indonesia ada enam Unesco Global Geopark dan 24 Geopark Nasional. Beberapa daerah mengusulkan sebagai Geopark Nasional, alhamdulillah Gorontalo menjadi kandidat Geopark Nasional,” pungkas Tity. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *