Mudik Dengan Kendaraan Listrik? Ini Tipsnya Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan

Bagikan

Mudik Dengan Kendaraan Listrik? Ini Tipsnya Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan

Jakarta (5/4/2024): Pilihan moda transportasi saat mudik Lebaran tahun ini semakin banyak. Meski fasilitas transportasi kereta api, kapal feri semakin baik, namun masyarakat ketika pulang kampung masih suka memakai kendaraan pribadi. Salah satunya, masyarakat sejak beberapa tahun terakhir semakin familiar dengan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) baik roda empat maupun roda dua.

Hal ini dibuktikan dengan melesatnya penjualan mobil listrik. Dikutip dari laman Indonesia.go.id, hingga Januari 2024, volume penjualan wholesale mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia mencapai 2,3 ribu unit. Pencapaiannya tumbuh 683% (year-on-year/yoy) atau hampir delapan kali lipat lebih tinggi dibanding Januari 2023.

Oleh karena itu, pemerintah memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan selama masa mudik Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Tercatat, telah ada 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang akan disiagakan PT PLN tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, BUMN kelistrikan juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional, menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua yang bekerja sama dengan para mitra. Total terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia.

Untuk pengisian daya motor listrik, PLN juga menyiagakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit. Untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile. Selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan stand by selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar.

Agar perjalanan mudik Anda menggunakan kendaraan listrik bisa lebih aman dan nyaman, simak tips berikut ini:

  1. Mengecek Kondisi Mobil

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mudik adalah mengecek kondisi mobil. Mobil listrik memiliki komponen yang berbeda dari mobil biasa. Pemilik mobil listrik perlu mengecek komponen-komponen tersebut apakah masih normal atau sudah rusak. Sebab perjalanan mudik harus dilakukan dengan kondisinya prima.

  1. Daya Baterai Mobil
Baca Juga :  Lion Air Group Terapkan Jarak Aman di Kabin Pesawat

Sebelum memutuskan untuk mudik Lebaran menggunakan mobil listrik pastikan untuk memperhatikan baterai yang menjadi komponen utama kendaraan. Jarak tempuh yang tinggi dan daya jelajah yang terbatas tentunya wajib diwaspadai oleh kendaraan listrik masa depan ini.

  1. Perencanaan Rute Perjalanan

Untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman, sebaiknya untuk merencanakan rute perjalanan mudik yang ingin dilewati. Masyarakat bisa memantau rute melalui aplikasi Mudikpedia yang disediakan Kementerian Kominfo maupun yang disediakan PT PLN, Pertamina, maupun Kementerian Perhubungan.

  1. Membawa Peralatan Cadangan

Peralatan cadangan saat mudik dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kendala saat perjalanan mudik. Pemilik kendaraan perlu menyediakan peralatan cadangan, seperti kabel pengisian, portabel dan baterai tambahan.

  1. Pertimbangkan Suhu

Pemilik mobil listrik juga harus selalu memperhatikan suhu lingkungan. Suhu udara yang ekstrem akan memengaruhi kinerja baterai mobil listrik. Pastikan Anda menghindari tempat yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Ingat, jangan membiarkan mobil listrik terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Cek kembali untuk memastikan pendingin mobil berfungsi dengan baik.

  1. Memperhatikan Batasan Kecepatan Mobil

Selanjutnya, hal wajib yang perlu diperhatikan saat hendak mudik adalah batas kecepatan mobil. Hal ini untuk menghindari baterai yang cepat habis, jangan sampe overcharge atau terlalu sering mengisi ulang daya baterai mobil listrik karena akan memperpendek umur baterai.

  1. Menggunakan Ban Khusus Mobil Listrik

Ban ini membantu performa mobil listrik secara optimal. Mobil listrik membutuhkan karakteristik ban khusus yang berbeda dengan ban mobil konvensional. Ban mobil listrik memiliki rolling resistance yang lebih baik ketimbang ban mobil konvensional. Selain itu, ban mobil listrik juga mampu bergulir lebih senyap dan didesain kuat untuk menahan beban mobil listrik yang cukup berat karena adanya baterai yang berukuran rata-rata 200–500 kg.

Nah, itulah tips mudik aman menggunakan kendaaan listrik. Selamat mudik, selamat Lebaran dan selamat berkumpul dengan keluarga, ya! (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait