Tim Evaluasi Kemendagri Sampaikan Apresiasi Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Agus Fatoni

Bagikan


Tim Evaluasi Kemendagri Sampaikan Apresiasi Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Agus Fatoni

Jakarta (7/4/2024): Tim Evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan apresiasi serta capaian kinerja dan penghargaan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Kantor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga sangat mengapresiasi atas lengkapnya laporan yang dipaparkan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. Kemudian, dia juga mengapresiasi penurunan kemiskinan ekstrem di Sumatera Selatan.

“Kami lihat bagus penurunannya paling cepat di Sumatera dan empat Kabupaten sudah bebas dari kemiskinan ekstrem. Karena kan targetnya tahun 2024 ini seharusnya semua daerah 0 persen. Sumsel ini boleh dikatakan delapan Kabupaten/Kota sudah 0 koma persen, kalau sudah angka segitu jika dipertahankan hingga tahun 2024 itu sudah akan bebas dari kemiskinan ekstrem,” jelas Kastorsius.

“Ini tinggal perintah Inpres Nomor 4 butir 29 itu dilaksanakan maka akan lebih mantap lagi Pak Gub,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur 3 Itjen Kemendagri Elfin Elyas mengapresiasi turunnya inflasi di dua kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim pada periode Januari-Maret 2024.

“Saya juga mengapresiasi kepada OKU Selatan, Prabumulih dan Pagar Alam yang angka IPH nya rendah,” kata Elfin.

“Saran kami Pak Gub, ke depan ada dorongan dari Pak Gub ke Kabupaten/Kota untuk membuat proposal neraca pangan ke depannya. Saya yakin ini bisa disajikan dan dianjurkan kemudian dilaksanakan ke Kabupaten/Kota,” sambungnya.

Selanjutnya, apresiasi juga disampaikan Inspektur 3 Itjen Kemendagri Rustam. Dia menyebut kerja sama antara Pemprov Sumsel dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel sudah cukup baik.

“Rekomendasi dari BKSDN untuk mengaktifkan atau mengoptimalkan peran Kominfo dalam hal ini literasi pengguna sosial sekaligus memantau berita-berita hoaks di dunia maya sehingga bisa kita antisipasi,” ucap Rustam.

Kemudian, apresiasi juga disampaikan oleh Inspektur Khusus Itjen Kemendagri Teguh Narutomo dalam menyerap minat aspirasi masyarakat. Kemudian, dia juga mengingatkan terkait sosialisasi dari Mendagri Tito Karnavian untuk menerapkan kurikulum pendidikan antikorupsi pada tingkat pendidikan mulai dari SD hingga SMK/SMA.

“Semoga sukses, aman Pak Gub,” kata Teguh.

Dalam kesempatan ini, PPUPD Ahli Utama Azwan juga mengapresiasi berbagai kegiatan unggulan yang dilakukan di Provinsi Sumsel. Menurutnya, semakin banyak kegiatan unggulan maka memiliki skala prioritas dalam menyejahterakan masyarakat.

Baca Juga :  Kemendagri Dorong Papua Pegunungan Percepat Realisasi APBD dan Pastikan Pemerintahan Berjalan Efektif

“Bagus ya ini banyak kegiatan juga kegiatan unggulan, namun perlu ini dipastikan dijadikan skala prioritas,” kata Azwan.

Selanjutnya, apresiasi juga disampaikan oleh PPUPD Ahli Utama Dimyati. Dikarenakan banyak indikator evaluasi yang sudah disampaikan dengan jelas namun terkait pelaksanaan elektronifikasi transaksi bidang retribusi masih perlu dilaksanakan sesegera mungkin.

Kemudian, apresiasi juga disampaikan oleh Auditor Ahli Utama Wiratmoko. Dia menyampaikan terkait bagusnya penurunan stunting di Pemprov Sumsel.

“Ini stunting juga bagus ya menurun,” ucap Wiratmoko.

Menanggapi seluruh masukan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni berterima kasih atas seluruh masukan yang diberikan evaluator. Dia menyebut semua masukan telah dicatat dengan baik dan akan langsung dieksekusi usai evaluasi kali ini.

“Jadi di Sumatera Selatan kalau bergerak sendiri tidak dirasa, tapi kalau dengan Gerakan Serentak akan lebih fokus, lebih terarah, lebih efektif dan efisien,” kata Fatoni.

“Kami ucapkan terima kasih atas semua masukan, saran dan pendapat ini sangat penting bagi kami untuk meningkatkan kinerja juga menjadi evaluasi bagi kami sehingga kinerja ke depannya semakin meningkat,” sambungnya.

Terakhir, Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga juga menyampaikan bahwa evaluasi kali ini sangatlah berlangsung secara cepat dan lancar. Bahkan dia juga menyebut evaluasi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni sebagai juara.

“Ini bagus ini juara karena hanya satu jam saja. Tadi evaluator banyak memberi masukan kepada Pak Pj beserta jajaran juga Bupati dan Walikota untuk ditindaklanjuti bersama-sama. Kami ucapkan terima kasih dan salam sehat. Semangat terus Pak Pj demi Sumsel yang maju dan nanti kita akan bertemu lagi dalam evaluasi triwulan berikutnya,” tutup Kastorsius.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Agus Fatoni didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Edward Chandra, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Trisnawarman, Kepala Bapenda Sumsel Achmad Rizwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumsel, Deliar Marzoeki, Kepala Biro Perekonomian Sumsel Henky Putrawan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan sejumlah kepala OPD lainnya. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait