Shadow

Olahraga Saat Hari Libur, Menhub Budi Karya Lebih Sering “Lari Timik-Timik”

Bagikan

Menhub Budi Karya Lebih Sering "Lari Timik-Timik"
Menhub saat lari timik-timik
Foto: IG @budikaryas

Jakarta (21/2/2021): Hari libur bukan berarti bermalas-malasan. Setidaknya ada kesempatan untuk berolahraga agar tubuh bugar dan imun tetap terjaga.

Banyak pilihan olahraga, misalkan lari kecil sebagaimana sering dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menhub menyempatkan diri melakukan olahraga di setiap pagi. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh di masa pandemi Corona.

Menhub Budi Karya beberapa kali mengunggah aktivitas olahraga dalam akun Instagram pribadinya @budikaryas. Misalkan beberapa kali Menhub Budi Karya tampak jogging. “Setiap hari saya upayakan untuk berolahraga. Entah jalan kaki, jalan di treadmill, atau pun lari-lari kecil, seperti pagi ini,” tulis Menhub Budi Karya dalam unggahannya itu.

Menhub menyebut jogging atau lari-lari kecil itu dilakukan atas saran dari Jubir Kemenhub Adita Irawati. Menurut Adita, kata Menhub Budi, jogging atau lari-lari kecil itu merupakan tipe olahraga yang tepat dilakukan olehnya.

“Lari-lari kecil ini, kalau kata orang Jawa disebutnya lari timik-timik. Ternyata, menurut Mbak @aditairawati, lari-lari timik-timik ini pilihan tepat bagi saya, karena dapat menjaga kebugaran. Mengapa? Heart rate stabil di zona nyaman, justru membakar kalori paling tinggi. Saya senang dapat masukan dari pelari berpengalaman seperti Mbak Adita ini,” kata Menhub Budi Karya.

Adita Irawati memang hobi lari di tengah kesibukannya sebagai Juru Bicara Kementerian Perhubungan dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi. Ibu dua anak tersebut melihat ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan lari. Selain untuk kesehatan, lari bisa menjadi ajang untuk menggalang donasi. Jadinya hal itu merupakan semacam kombinasi aktivitas yang sangat disukainya, tubuh bugar bisa didapatkan dan sekaligus bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

Baca Juga :  Persiapkan Transportasi Dukung KTT G20, Menhub Cek Progres Revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Adita mulai menekuni olah raga lari sejak tahun 2013. Saat itu ia mengikuti “Halo Fit Run”, sebuah ajang event lari yang diadakan oleh Telkomsel. Ia mencoba ikut yang jaraknya 5 km saja. Ternyata ia kuat, badan tetep enak dan tidak sakit. Sebelumnya ia lari buat fun saja bersama keluarga.

Menhub Budi Karya Lebih Sering "Lari Timik-Timik"
Adita inspirasi Menhub untuk berlari
Foto: IG @aditairawati

Menhub Budi Karya menambahkan olahraga merupakan hal yang penting dilakukan di masa pandemi Corona karena bisa menjaga imunitas tubuh. Menurutnya, imunitas tubuh yang baik merupakan benteng untuk menangkal virus Corona.

Imunitas tubuh yang baik, kata Menhub, menjadi benteng yang kuat dari serangan Covid-19. Karena itulah, mari berolahraga secara teratur. Akhir pekan menjadi waktu yang baik untuk mulai disiplin berolahraga.

Menhub Budi Karya Lebih Sering "Lari Timik-Timik"
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Istimewa

“Dulu saya malas olahraga dengan dalih pekerjaan. Namun, saya diberikan cobaan (terkena penyakit). Kini saya rutin berjalan timik-timik sejauh lima kilometer setiap hari. Rasanya saya lebih muda 30 tahun,” sebutnya. dalam daring Kagama Lari Untuk Berbagi (KLUB) beberapa waktu lalu. (*)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *