Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Pj Bupati Gomar Ajak Masyarakat Mappi Bersatu Jaga Keutuhan NKRI

Bagikan

Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Pj Bupati Gomar Ajak Masyarakat Mappi Bersatu Jaga Keutuhan NKRI

Mappi (1/10/2024): Penjabat (Pj) Bupati Mappi, Michael R. Gomar memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2024). Upacara yang berlangsung di halaman GOR Kepi, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan, ini dihadiri oleh seluruh ASN, P3K, PKD, serta jajaran forkompimda di Kabupaten Mappi.

Dalam upacara tersebut, ikrar Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Anggota DPRD Kabupaten Mappi, Sony Manalu. Mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, upacara ini menjadi momen refleksi penting bagi seluruh masyarakat, terutama di Kabupaten Mappi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Michael R. Gomar menegaskan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila memberikan makna mendalam untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sebagaimana yang terkandung dalam lima sila Pancasila. Dirinya menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam hati dan pikiran setiap individu, baik mereka yang hadir dalam upacara maupun seluruh masyarakat Mappi.

“Kita harus menyadari bahwa tanpa Pancasila, bangsa kita akan terpecah belah dan rawan terhadap ancaman dari pihak-pihak luar yang tidak menginginkan keberadaan Pancasila. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Gomar.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mappi untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam tugas serta kewajiban sehari-hari.

Lebih lanjut Gomar menjelaskan, bahwa membangun Mappi adalah tanggung jawab bersama melalui berbagai kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap agar seluruh masyarakat Mappi dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI serta menghidupi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Peringatan ini menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa serta semangat gotong royong demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan,” pungkasnya. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait