Peringati HUT ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas, Mendagri Pimpin Apel Gelar Pasukan

Bagikan

Peringati HUT ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas, Mendagri Pimpin Apel Gelar Pasukan

Padang (4/3/2024): Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan di Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Padang, pada Minggu (3/3/2024). Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Satpol PP seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito menyampaikan bahwa peran strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga situasi kondusif selama tahapan Pemilu dan Pilkada. Kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan trantibumlinmas menjadi kunci sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang aman serta damai.

“Saya meminta gubernur untuk mengkoordinasikan langkah-langkah antisipatif di daerah masing-masing, khususnya kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum sehingga proses demokrasi dan pemulihan ekonomi berjalan bersamaan,” ujarnya.

Satpol PP telah membuktikan peran strategisnya saat pelaksanaan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif pada 14 Februari 2024 lalu. Keberhasilan tersebut menjadi modal bagi Satpol PP untuk menjaga ketentraman masyarakat dengan sikap tegas namun humanis selama pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

“Saya berharap, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan profesionalisme, menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, dan mendukung terciptanya ketertiban umum,” ungkap Tito.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) yang saat ini juga menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA turut hadir dalam kegiatan tersebut berharap kiprah Satpol PP dan Satlinmas di seluruh indonesia terus diperkuat, baik dalam rangka pelaksanaan operasi yustisi maupun non yustisi.

“Teruslah menjadi pengayom masyarakat yang dicintai rakyat. Dirgahayu Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62. Semoga semakin profesional untuk mengawal tugas ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat. Salam Praja Wibawa,” terangnya.

Baca Juga :  Mendagri: Daerah Perbatasan yang Maju Akan Memperkuat Sistem Pertahanan Nasional

Acara Apel Gelar Pasukan ditutup dengan pemberian penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada 10 Kepala Daerah terpilih. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Gubernur dan Bupati/Wali Kota dalam meningkatkan peran Satpol PP di daerahnya. (*)

Bagikan pendapatmu tentang artikel di atas!

Bagikan

Pos terkait